Asrulfaqih's Blog

Dibalik Senyum Manismu

Posted on: Juni 13, 2009

“Wajah merupakan cermin yang tepat bagi perasaan hati seseorang. Wajah yang ceria, penuh senyuman alami, senyum tulus adalah sebaik-baik sarana memperoleh teman dan kerja sama dengan pihak lain. Senyum lebih berharga dibanding sebuah pemberian yang dihadiahkan seorang pria. Dan lebih menarik dari lipstik dan bedak yang menempel di wajah seorang wanita. Senyum bukti cinta tulus dan persahabatan yang murni.”“Ingatlah, bahwa senyum tidak membutuhkan biaya sedikitpun, akan tetapi membawa dampak yang luar biasa. Tidak akan menjadi miskin orang yang memberinya, justeru akan menambah kaya bagi orang yang mendapatkannya. Senyum juga tidak memerlukan waktu yang bertele-tele, namun membekas kekal dalam ingatan sampai akhir hayat. Tidak ada seorang fakir yang tidak memilikinya, dan tidak ada seorang kaya pun yang tidak membutuhkannya”

“ Ia tak dapat dibeli, diminta, dipinjam, atau dicuri. Karena ia adalahsesuatu yang tidak berguna sebelum diberikan kepada orang lain. Itulah senyuman, memperkaya orang yang menerima tanpa membuat melarat orang yang memberi”.
(Dale Carnegie)

Anda ingin selalu sehat, bahagia dan positif?
Ada resep sederhana yang tidak perlu anda tebus di apotek.
Cukup dengan “tersenyum” anda akan menciptakan citra positif bagi diri anda dan
bagi orang lain di sekitar anda.
Semakin murah hati anda membagikan senyuman semakin besar khasiat kebaikan yang akan anda tuai.

ni adalah my first tulisan dalam blok ini, maka saya persembahkan senyuman yang manis bagi pembaca yang budiman….hehehe.

Dalam fisiologi, senyum adalah ekspresi wajah yang terjadi akibat bergeraknya atau timbulnya suatu gerakan di bibir atau kedua ujungnya, atau pula di sekitar mata. Kebanyakan orang senyum untuk menampilkan kebahagian dan rasa senang.Senyum itu datang dari rasa kebahagian atau kesengajaan karena adanya sesuatu yang membuat dia senyum, Seseorang sendiri kalau senyum umumnya bertambah baik raut wajahnya atau menjadi lebih cantik ketimbang ketika dia biasa saja atau ketika dia marah.

Sebuah senyuman yang sesungguhnya dan tulus bekerja hampir-hampir seperti “tombol ajaib” yang menghidupkan rasa bersahabat pada orang lain seketika. Salah satu alasan sederhana mengapa banyak diantara kita tidak tersenyum lebih sering atau lebih tulus adalah kebiasaan yang kita miliki untuk selalu menahan perasaan kita yang sesungguhnya.

Senyum menyimpan kekuatan yang dahsyat…… Sesuatu yang sulit menjadi mudah karenanya, dan yang tak mungkin menjadi bisa. Tentu yang dimaksud disini adalah senyum tulus dari hati, bukan senyum sinis atau terpaksa yang tak sedap dipandang mata.Dengan senyuman itu bisa mempengaruhi akal pikiran, menghilangkan kesedihan, membersihkan jiwa, menghancurkan tembok pengalang di antara anak manusia!. Itulah ketulusan yang mengalir dari dua bibir yang bersih, itulah SENYUMAN…!

Sebuah penelitian dari AS mengatakan bahwa individu yang ketawa hingga 100 kali dalam tempo 24 jam mendapat manfaat yang sama dengan bersenam selama 10 menit. Hal ini terjadi karena di saat kita ketawa, tekanan darah dan degupan jantung meningkat. Kemudian kedua kadar ini akan turun lebih rendah seperti sebelum kamu ketawa.

Para saintis mendapati senyum dan ketawa nerupakan satu senaman berbentuk jogging dalaman di mana dapat merangsang seluruh tubuh dan mampu memberi manfaat berguna kepada sistem saraf otak dan juga hormon-hormon.Selain itu, apabila kita tersenyum, kita hanya menggunakan 17 otot muka berbanding 43 ketika mengerutkan dahi. Klo anda tidak ingin cepat tua maka tersenyumlah….:)

Penelitian yang dibuat oleh para ilmuwan dari Universitas Pusat Pengobatan di California, AS, menjelaskan dua jenis stress, yaitu stres baik dan stress jahat. Senyum dan tawa dikategorikan sebagai stress yang baik, karena dengan Senyuman mampu merendahkan tekanan darah, menambah kemasukan oksigen dalam darah dan ini secara tidak langsung merangsang proses penyembuhan. Sedangkan stress yang tidak baik adalah emosi, marah, menangis dan bersedih. Tipe stress seperti ini akan memberi tekanan kepada sistem ketahanan tubuh. Akibatnya tubuh mudah terserang penyakit seperti penyakit jantungan,tekanan darah tinggi, strok, atritis dan ulser. Nah lho… tipe yang mana yang anda pilih, yang stress yang baik atau stress yang bener-benar membuat anda stress yang bisa berakibat fatal dalam kesehatan anda….:) Selamat memilih dan nikmatilah hasilnya…hehehe

Senyuman adalah “sihir maut” yang mampu meluluhkan hati seseorang. Anda menumbuhkan harapan dengan senyuman, anda mampu mengilangkan sikap keras hati dengan senyuman. Selain itu juga akan menjaga badan kita tidak mudah terserang penyakit yang mematikan yang mana telah di buktikan di dalam berbagai penelitian yang telah kami sebutkan di atas. Nabi Muhammad saw. juga mensunnahkan dan memerintahkan umatnya agar menghiasi diri dengan akhlak mulia ini. Bahkan beliau menjadikan senyuman sebagai lahan berlomba dalam kebaikan, beliau bersabda,

فقال: (وتبسمك في وجه أخيك صدقة) رواه الترمذي وصححه ابن حبان.

“Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah.” At Tirmidzi dalam sahihnya.

Meskipun sudah sangat jelas dan gamblang petunjuk Nabi dan praktek beliau langsung. Namun Anda masih banyak melihat sebagaian manusia masih berlaku keras terhadap anggota keluarganya, kerabat, teman dengan tidak menebar senyuman dari bibirnya dan dari ketulusan hatinya.

Hayo kurang apa lagi….. para saintis udah membuktikan dan Rosul kitapun telah mensunahkan umatnya untuk melaksanakannya….atau Anda merasakan bahwa sebagian manusia -karena bersikap cemberut dan muka masam- mengira bahwa giginya bagian dari aurat yang harus ditutupi……:)! Di mana mereka di depan petunjuk Nabi yang agung ini! Sungguh jauh mereka dari contoh Nabi muhammad saw.!

Ya, kadang Anda melewati jam-jam Anda dengan dirundung duka, atau disibukkan beragam pekerjaan, akan tetapi Anda selalu bermuka masam, cemberut dan menahan senyuman yang merupakan sedekah, maka demi Allah, ini adalah perilaku keras hati, yang semestinya tidak terjadi.

Jika kita memulai hari baru dengan senyuman bisa memberi banyak kebaikan kepada kesehatan. Soalnya di saat kita tersenyum, badan turut ‘tersenyum’ dan bergembira. Dengan begitu, penyakit enggan hinggap ke tubuh kita. Dan barangkali, senyum berguna untuk membuat tetangga dan teman2 kita tidak judes lagi…hehehe.

Mulai hari ini, tekatkan hati untuk selalu tersenyum pada siapa saja. Sulit ?
Itu karena Anda belum mencoba. Berdirilah didepan kaca, yakinkan diri kalau Anda tampak lebih cantik atau paling ganteng bila tersenyum. Di pagi hari sebelum melangkah keluar rumah, ambil posisi berdiri, tarik dagu. Tegakkan kepala sampai menengah sambil menarik napas dalam-dalam, lalu lepaskan napas perlahan sambil membentangkan kedua tangan. Kemudian tersenyumlah. Ucapkan kata, “Mulai hari ini aku akan selalu berusaha tersenyum.” Tapi ingat…. Sewaktu di jalan, jangan mengobral senyuman alias senyam and senyum sendiri tanpa ada alasan, atau orang lain akan menganggap anda “kurang waras” karena kelakuan anda …hehehe.

wallahu a’lam bishowab…

asroel

2 Tanggapan to "Dibalik Senyum Manismu"

Assalammualaikum,
salam kenal dan ukhuwah selalu🙂

lam kenal n ukhuwah juga…^.^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

%d blogger menyukai ini: